Desk Pelaporan SPM Perumahan Rakyat 2020 dan Rencana Aksi Daerah Penerapan SPM Perumahan Rakyat 2021-2025

By Admin 30 Mar 2021, 16:13:10 WIB Kegiatan

Berita Terkait

Berita Populer

Desk Pelaporan SPM Perumahan Rakyat 2020 dan Rencana Aksi Daerah Penerapan SPM Perumahan Rakyat 2021-2025

Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Permukiman dan Pertanahan Kabupaten Purworejo selaku dinas teknis yang melaksanakan urusan wajib pelayanan dasar bidang pekerjaan umum (air minum dan sanitasi) serta bidang perumahan dan kawasan permukiman. Urusan wajib pelayanan dasar yaitu urusan pemerintah yang wajib diselenggarakan oleh semua daerah dalam hal pelayanan publik untuk memenuhi kebutuhan dasar warga negara. Pelayanan dasar tersebut harus dilakukan pelaporan setiap tahun atas capaian kinerja pembangunan yang dilakukan pemerintah daerah.

Pada tanggal 17 Februari 2021 seluruh Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah melakukan rapat koordinasi pelaporan penerapan SPM Perumahan Rakyat Tahun 2020 dan persiapan penyusunan Rencana Aksi Daerah Penerapan SPM Perumahan Rakyat Tahun 2021-2025 di Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Provinsi Jawa Tengah. Tujuan dari pelaksanaan kegiatan tersebut adalah untuk menggali permasalahan dalam penerapan SPM, kesiapan tiap kabupaten/kota dalam penerapan SPM Perumahan Rakyat, serta Rencana Aksi Daerah dalam penerapan SPM Perumahan Rakyat tahun 2021-2025.

Dari hasil rapat koordinasi dan desk, dapat diketahun bahwa belum sepenuhnya SPM Perumahan Rakyat dilaksanakan di tiap kabupaten/kota di Provinsi Jawa Tengah. Pendampingan dan bimbingan dari pemerintah provinsi masih dibutuhkan dalam rangka pemantapan penerapan SPM di pemerintah kabupaten/kota. Di sisi lain berbagai permasalahan dalam penerapan SPM masih ada di tiap kabupaten/kota sehingga perlu upaya penyelesaiannya. Sedangkan penyusunan Rencana Aksi Daerah perlu dirumuskan secara detail guna pencapaian target pelaksanaan SPM Perumahan Rakyat yang tepat sasaran.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment