Penyuluhan Bahasa Indonesia bagi Tenaga Profesional dan Calon Tenaga Profesional

By Admin 17 Mar 2020, 09:53:33 WIB Kegiatan
Penyuluhan Bahasa Indonesia bagi Tenaga Profesional dan Calon Tenaga Profesional

Penyuluhan Bahasa Indonesia bagi Tenaga Profesional dan Calon Tenaga Profesional berlangsung selama empat hari, 2__5 Maret 2020 di Hotel Plaza Jalan Tentara Pelajar no. 21, Purworejo. Sambutan pembukaan oleh Kepala Balai Bahasa Jawa Tengah Dr. Tirto Suwondo, M.Hum., bahwa setelah mengamati bahasa di ruang publik dan bahasa di luar publik, masih ada yang tidak sesuai dengan tata bahasa atau kaidah-kaidah kebahasaan. Penggunaan bahasa yang kurang baik dalam situasi resmi maupun tidak.

Peserta penyuluhan diikuti 80 orang, terdiri dari 40 orang guru dan 40 orang dari instansi daerah. Harapannya setelah mengikuti penyuluhan, hasilnya bisa diteruskan ke lingkungan masing-masing oleh peserta.

Pembukaan penyuluhan dihadiri oleh Asisten 3 Sekda Kab. Purworejo Drs. Pram Prasetya Ahmad, M.M. disampaikan bahwa bahasa Indonesia sudah terjadi penggeseran ke bahasa Inggris. Orang lebih suka menggunakan istilah asing, mengingatkan pada sejarah Sumpah Pemuda kita harus menjunjung tinggi bahasa Indonesia. Bahasa Indonesia mampu menyatukan seluruh komunikasi berbagai daerah dalam berbangsa dan bernegara.

Materi penyuluhan meliputi: Kebijakan Kebahasaan dan Kesastraan, Ejaan Bahasa Indonesia, bentuk dan Pilihan Kata, Kalimat efektif, Paragraf, Bahasa Indonesia dalam Surat Dinas, Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia, dan Bahasa Indonesia dalam Laporan.




Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook

View all comments

Write a comment